Alasan-Alasan Umum Kenapa Orang Suka Nyontek

|
Kata orang, banyak jalan menuju kesuksesan. Bisa lewat darat, laut, atau udara. Ada juga via pintu Doraemon, tapi ngga tau dimana belinya. Nah, begitu pun dalam hal mendapatkan nilai, jalannya ada banyak. Bisa via belajar atau via… nyontek.
Nyontek ini hukumnya belom jelas. Entahlah dia itu halal, haram, atau sunnah. Tapi yang jelas, hampir setiap siswa di belahan dunia pernah melakukan hal curang ini. Kalo ada yang bilang dia belum pernah nyontek, pasti dia bohong, atau bisa juga dia ngga sekolah.

Nah, sebenernya apa sih yang menyebabkan seseorang untuk menyontek? Apakah demi menafkahi keluarga? Hmmm, rasanya GAK banget. Terus apa? Oooh, ternyata ini dia alasan umum kenapa orang suka menyontek :

Gak Bisa
Alasan kita nyontek itu simple banget, karena kita ngga bisa ngejawab pertanyaan yang ada di lembar soal. Kalo kita bisa ngejawab, pasti kita ngga bakalan nyontek. Bahkan biasanya, kalo kita bisa ngejawab soal, kita malah ngga mau dicontekin.

Ragu-Ragu

Kalo alasan yang kedua ini, faktor utamanya bukan karena ngga bisa jawab soal. Tapi karena kita ragu-ragu. Kita bisa ngejawab soal, tapi karena ragu-ragu, kita suka ngga yakin sama diri sendiri. “Duh, jawaban gue bener ngga ya? Jawaban gue sama ngga ya sama dia?” Nah, dari keragu-raguan itulah muncul keinginan buat nyotek ke temen sebelah kita.

Males Mikir

Karena males mikir, kita jadi lebih milih untuk nyontek. Orang-orang yang males mikir dan lebih milih nyontek ini, adalah tipe orang yang menganut “mikir less, nyontek more”. Makanya, daripada pusing-pusing mikir lebih baik dia nyontek aja.

Terobsesi Buat Dapet Nilai Gede

Kita semua pengen dapetin nilai bagus. Tapi terobsesi buat dapet nilai bagus, ngga semuanya. Ada yang saking ngga mau salahnya, dia rela ngelakuin apa aja biar nilainya sempurna. Nah, salah satu cara biar nilainya perfect itu adalah dengan nyontek. Huh, padahal percuma yah nilainya 100 tapi hasil nyontek mah.

Karena Ada Kesempatan

Lo tau Bang Napi yang terkenal itu? Bang Napi bilang, kejahatan terjadi bukan karena niat pelakunya, tapi karena ada kesempatan. Nah, nyontek juga gitu. Mungkin awalnya kita ngga ada niatan buat nyontek, tapi karena pas ujian tiba-tiba pengawasnya keluar, langsung deh kita nyontek.

Lemahnya Iman

Kalo lagi ujian itu, bisikan setan ada di mana-mana. Di telinga kiri, kanan, sampai bisik-bisik tetangga juga ada. Setan-setan itu, menggoda kita untuk nyontek ke temen kita yang jenius. Bisikan itu makin keras ketika kita belom bisa jawab soal padahal waktu ujian bentar lagi habis. Terus karena kurangnya keimanan kita, maka terjerumuslah kita pada godaan setan yang terkutuk untuk nyontek ke temen kita yang pinter itu.

Jadi sodaraku, perbanyaklah ibadah agar kita semua terjauh dari hal-hal negatif seperti menyontek dan sejenisnya.

Ya, itulah alasan-alasan umum kenapa orang suka menyontek. Lo juga pasti pernah nyontek kan? Berarti kita sama sob!

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
Alif Akbar. Diberdayakan oleh Blogger.
▲Top▲