Kehidupan di Social Media vs Kehidupan Nyatanya

|
Ngga semua yang lo liat adalah kenyataan karena mata dan otak lo sendiri bisa menipu. Apalagi otak orang lain? Di dunia nyata aja banyak yang palsu, apalagi di dunia maya? Maka dari itu, sodara-sodara, sebaiknya kita gak langsung begitu aja percaya dengan semua yang orang posting di media sosial. Tapi memang kehidupan di media sosisal itu terkadang (jauh) berbeda dari kehidupan di dunia nyata. Coba kita bandingin bedanya.

Ketawa
LOL dan keluarganya (LMAO, ROFL, MILF) adalah singkatan yang populer dipake sebagai respon ketika lagi ngobrol. Tapi di Indonesia, banyak juga yang pake segala jenis suara ketawa. Mulai dari ‘hahaha’, ‘hihihihi’, ‘wkwkwk’ dan yang paling ekstrem, ‘xixixi’. Masalahnya adalah, apakah lo bener-bener ketawa sambil ngetik?

Di medsos


Aslinya


Muka datar, gak ketawa sama sekali.

No Filter, No Make Up
Harus diakui, untuk kasus yang satu ini, pelakunya kebanyakan cewe. Biasanya upload foto ke Instagram dengan caption atau hashtagno filter’. Iya, emang ngga pake filter yang dari Instagram. Tapi udah diedit pake Photoshop, terus ditambah lagi pake Camera360, Cymera, PicsArt, Retrica, setrika, atau apalah itu...


Makanan
Mencoba hidup sehat emang gaada salahnya. Dan mungkin para pelaku hidup sehat pengen berbagi dan ngajak followers-nya untuk ikutan. Kalo beneran sih gak apa-apa. Tapi kalo cuma buat pamer foto aja mah buat apaan juga.

Di medsos


Aslinya

Cuma suka sayuran yang ada di burger.

Ada juga yang makan di restoran atau cafe beken demi bisa update dan foto makanannya. Padahal setelah makan ngomel, “Makanan kaya gitu doang mahal banget. Enakan juga bikinan enyak di rumah.”

Nonton Konser
Seperti yang kita ketahui, untuk dapet spot yang bagus dalam sebuah konser musik itu sangatlah mahal. Kalo gak mau bayar mahal, tapi tetep pengin nonton paling depan, lo mendingan jadi fotografer musik aja. Sama juga sulitnya. Tapi yah namanya nonton konser, kudu pamer dong...

Di medsos

Upload foto hasil Googling. Biar pada tau lo nonton konsernya siapa.

Aslinya

Nontonnya jauuuuh banget dari panggung.

Olahraga
Biar terkesan kalo lo adalah pemuda-pemudi yang sporty, setiap olahraga, lo wajib selfie. Entah itu waktu sebelum mulai olahraga dan gym masih sepi, atau setelah bersimbah keringat setelah lari ngelilingin provinsi Banten.


Selain bisa memotivasi temen dan followers lo untuk ikutan olahraga, lo juga bisa liat perkembangan lo, apalagi kalo lagi membentuk otot. Asal olahraganya gak cuma sekadar update.

Di medsos

“Siap-siap lari terus angkat beban nih, gaes.”

Aslinya


Olahraganya segini aja.

Gaya Baru
Setelah berganti gaya, biasanya gaya rambut, umumnya lo bakal update.

Di medsos

“Rambut baru, nih, gaes. Biar semester barunya semangat juga. #newsemester #new hair #newnew”

Aslinya

“Plis banget bilang kalo gue cakep/imut/lucu/keren. Kalo ngga gue harus ganti gaya rambut lagi niiiih.”


Itu beberapa contoh aja. Bukannya bermaksud suudzon yah. Tapi kenyataannya ada orang yang seakan-akan tujuan hidup utamanya adalah dapetin popularitas di sosial media dan banyak yang bilang sihh inih ADM(Artis Dunia Maya). Dapetin popularitas bukan dari prestasi ataupun karya. Nah kalo udah kaya gini bahaya, bisa-bisa segala cara dihalalkan demi popularitas sesaat itu.  Bisa-bisa nanti kaya di film pendek ini jadinya. Silakan ditonton dan direnungkan.


Peace, love, and selfie.
 
Next Prev
Alif Akbar. Diberdayakan oleh Blogger.
▲Top▲